Sunday, November 6, 2016

Main Gitar Elektrik dengan FX Amplitube di Laptop/PC

Hoi hoi.. yang anak musik angkat tanganya... :D

Nih buat kamu yang hoby nggitar, pemain gitar atau baru mau belajar gitar elektrik, tapi cuma punya gitar elektriknya doank? gak enak kan ya cuma jrang jreng jrang jreng?!...
Saya ada solusi buat kamu yang pengen mainin gitar elektrik tanpa punya FX atau Ampli gitar..
Caranya bro? kita pake simulator, dan yang akan saya pake adalah Amplitube buatan IK MULTIMEDIA. 



So.. let us done, bro...

Pertama, alat-alat yang kau butuhkan adalah :

Gitar Listrik pastinya.. kalo gak punya pinjem yo.. :D

Laptop/PC, yang rekomend nih minimal INTEL i3 atau AMD athlon X3, RAM 2GB lah paling nggak.. Soundcard (disini saya pake onboard karna kita memang sedang belajar iritologi..hahaha), windows XP atau 7 okelah (kalo diatasnya saya gak tau karna laptop saya mentok sampe W7 :D).
Software & driver (sorry bajakan bro.. mohon maaf karna sekali lagi kita sedang berhemat :D). Untuk Driver Soundcard Emulatornya kita pake ASIO4ALL (Download disini bro) kenapa harus pakai emulator soundcard? karna kalo pake soundcard onboard/bawaan, buffer size dan latency-nya nggak bakal ngejar bro.
Ampli simulatornya kita akan pake Amplitube 2 Live (Download disini bro) sengaja pake yang rada enteng aja dulu, biar enak juga bro dikendlikannya :D, ntar kalo situ dah mahir silakan download Amplitube 3, Amplitube Metal, dll
Kabel & Jack Gitar, buat kamu yang udah ada kabel gitar standart (jack Toa) bisa cari adaptor jack kayak gini buat masukin ke soundcard laptop/PC.
 
atau kalo yang udah punya kabel audio buat laptop (mini to mini), kamu bisa cari adaptor jack kayak gini nih :
tapi karna buat ke gitar, takutnya yang jenis kayak diatas cepet rusak (kresek2 suaranya), jadi coba cari yang agak bagus deh bro.. kayak gini nih :
Headphone / Speaker, bebas ya mau pake speaker jenis apa atau headphone merk apa.. namanya juga irit bro..hahahaha.. jangan lupa itu jacknya 3.5mm alias jack mini, buat ditancep ke laptop.

Oke sekarang kita mulai ya oprasinya...

Langkah-langkah :

Pertama, Siapkan Gitar elektrik dan laptop/PC nya.. 

Kedua, Instal Driver dan Software yang udah didownload tadi diatas, kalo udah semua, restart dulu deh biar gak panik :D

Ketiga, Tancepin gitar elektriknya ke line in soundcard pada laptop/PC dengan adaptop jack yang dibutuhkan, juga outputnya ke speaker atau headphone.

Keempat, launch Amplitube 2 Live di laptop/PC, masuk kemenu >> setting/audio midi setting
oh iya, karna kita disini sedang memakai soundcard emulator, jadi close semua aplikasi yang sedang mengakses soundcard bawaanya (seperti winamp, media player, dll) sekarang mari kita setting..
nah, ikutin deh settingan dasarnya, mulai dari pilihan soundcard (Asio), Output Audio Interfacenya (ASIO4ALL) dan sample rate serta buffer sizenya.
Untuk sample rate saya saranin ke 44.100hz aja, kecuali kamu pakai soundcard external yang punya kapasaitas bagus baru bisa oke pake 48.000hz.
Untuk setting buffer size silakan klik panel, kemudian kamu bakal masuk ke setting ASIO nya.
 
Dilaptop saya cuma ideal di 265 sample, pastinya semakin kecil nilainya maka latencynya juga semakin kecil dan imbasnya audio bisa terdengar sync alias bareng antara metik dan suaranya.. nah nanti bisa di utak utik kira2 idealnya di mana? 128, 265, 512, atau 1024?? kemudian tutup jendela asio dan klik OK pada settingan.

Nah kalo semua sudah.. pastinya gitar sekarang sudah bisa bunyi kan? gimana? oke gak bunyinya? setting dulu untuk ampli dan fx di simulatornya bro..
Buat setting FXnya, klik panel empty dan pilih fx yang dibutuhkan
Kalo udah oke suaranya.. bisa kamu save sebagai preset pribadi biar besok2 kalo mau main tinggal cari presetnya, liat preset dilingkaran merah :

Nah udah jrang jreng pake distorsi dan ketawa2 sendiri karna akhirnya punya RIG ekonomis sendiri, hahahaha... sekarang main pake lagu deh bro.. file yang support adalah mp3 dan wave (gak tau juga baru nyoba 2 file itu soalnya :D)
klik Open Audio di kiri atas, pilih lagu dan kalo sukses, wave lagunya keliatan kayak gambar dibawah ini!, kita terpaksa pakai player internalnya karna soundcard yg aktif adalah ASIO jadi kamu gak bisa pake player lain yg ada dilaptop/PC kamu kecuali mau nyetting ulang output playernya jadi ASIO juga (itu juga kalo lu kalo bisa bro :D)
Yang pasti player internalnya Amplitube oke koq soundnya, dan sdh ada pitch serta speed changernya berserta marker spot.

Oke deh, kayaknya jam sudah menunjukan subuh.. saya harus tidur dulu..hahaha
Selamat mencoba, selamat bermain, selamat bereksplor dan selamat berkarya..

Salam..
-JA-

2 comments: